Selamat Datang di Blog Bu Dyah SMPN 33 Surabaya

Senin, 19 Maret 2012

Media Balon dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia

ABSTRAKSI

Penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, melalui media balon di kelas VII D SMPN 33 Surabaya.

Setting penilaian di SMPN 33 Surabaya kelas VII D semester ganjil tahun pelajaran 2006-2007. Sumber data penelitian ini yaitu 38 peserta didik. Prosedur yang dilakukan terbagi dalam bentuk siklus I dan siklus II, dimana setiap siklus terdiri empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, tindakan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan hari Selasa, tanggal 5 September 2006 untuk siklus I, hari Selasa, tanggal 12 September 2006 untuk siklus II. Analisis yang digunakan analisis kuantitatif menggunakan skala penilaian dalam bentuk angka atau numerik dengan rentang 0-100 untuk menilai aspek koqnitif, afektif, psikomotor.

Hasil penelitian yaitu, melalui media balon dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII D SMPN 33 Surabaya dalam menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia. Nilai peserta didik setelah mengalami dua siklus tetap tinggi, walaupun batas minimal mengisi balon dinaikkan dari satu gelas menjadi tiga gelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran adalah, ada peserta didik yang tidak mempersiapkan lebih dahulu bahan yang harus dibawanya, sehingga mempengaruhi nilai skor yang diperolehnya. Karena takut basah, guru hanya memberi contoh dalam teori, tidak melaksanakan praktek secara langsung. Guru mengawasi dan memberi pengarahan di tempat yang teduh/terlindung, karena takut kena panas/sinar matahari. Waktu yang disediakan terbatas, walaupun sudah selesai, ketika peserta didik diharapkan kembali ke kelas ada yang masih antusias mengisi balon dengan harapan balonnya lebih besar lagi. Waktu tindakan dilaksanakan jam 15.50-17.10 WIB, ketika tenaga/energi peserta didik sudah berkurang, apalagi mendekati jam pulang sekolah. Hipotesa media balon dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII D SMPN 33 Surabaya dalam menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dapat diterima.

Saran yang diajukan adalah, untuk peserta didik diusahakan jangan sampai lupa membawa bahan yang harus dibawanya, sehingga tidak mempengaruhi hasil nilai yang diperolehnya. Waktu mengisi balon dengan air, diharapkan hati-hati, penuh konsentrasi supaya tidak tumpah, tetapi juga harus memperhatikan waktu yang telah ditentukan. Guru tidak perlu takut basah saat memberi petunjuk kepada peserta didik cara mengisi balon dengan air, supaya peserta didik merasa aman karena guru ada didekatnya dan selalau membimbingnya. Harus memberi teladan kepada peserta didik, tidak perlu takut sinar matahari atau kepanasan, supaya saat peserta melaksanakan tindakan di lapangan juga tidak takut kepanasan. Menghimbau kepada peserta didik, balon yang terisi air lebih bermanfaat untuk menyiram tanaman daripada dibuat lempar-lemparan dengan kelompok lainnya

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Tujuan pendidikan pada dasarnya adalah mengantarkan peserta didik menuju perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makluk sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut peserta didik perlu berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pembelajaran.

Lingkungan belajar yang diatur oleh guru meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metodologi pembelajaran serta penilaian pembelajaran.

Dalam metodologi pembelajaran ada dua aspek yang paling penting yaitu metode mengajar dan media pengajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar peserta didik karena, dengan media lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Dengan media peserta didik lebih banyak melakukan kegiatan pembelajaran seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain, penggunaan media juga erat kaitannya dengan tahapan berpikir peserta didik yaitu dimulai dari berpikir kongkrit menuju ke berpikir abstrak, dimulai dari berpikir sederhana menuju ke berpikir kompleks..

Dalam proses pembelajaran, guru dituntut mampu menggunakan media yang disesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan jaman, dan sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi mampu mengantarkan peserta didik mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.

Media pengajaran untuk pelajaran Pengetahuan Sosial-Ekonomi materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia perlu diperkenalkan kepada peserta didik. Selama ini kemampuan peserta didik dalam menguasai materi tersebut sangat kurang. Hal ini dikarenakan peserta didik belum memahami hakekatnya sebagai manusia yang berperan sebagai makluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhannya. Hal-hal lain yang ikut berperanan yaitu, peserta didik belum memahami alat pemenuhan kebutuhan sumber daya, faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, termasuk juga belum mampu memahami perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Solusi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu, dengan memakai media balon, sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pengetahuan Sosial- Ekonomi materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia. Media balon dapat mengurangi kejenuhan peserta didik, serta merangsang minat belajar peserta didik lebih giat lagi, karena mengandung unsur permainan dan kerjasama dalam pembelajaran. Bahan yang dipakainyapun mudah didapat karena bisa didapatkan di sekitar lingkungan peserta didik.

Dengan alasan itulah yang mendasari penulis melakukan penelitian ini yaitu agar pembelajaran lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.

B. Permasalahan

1. Bagaimanakah peningkatan kemampuan peserta didik kelas VII D SMPN 33 Surabaya dalam menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, setelah menggunakan media balon?

2. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran dalam rangka peningkatan kemampuan peserta didik pada materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, melalui media balon di kelas VII D SMPN 33 Surabaya?

C. Tujuan Penelitian

1. Mendeskripsikan peningkatan kemampuan peserta didik dalam menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, setelah menggunakan media balon

2. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia, melalui media balon di kelas VII D SMPN 33 Surabaya

D. Manfaat Penelitian

1. Bagi Guru:

Memberikan sumbangan perbaikan metode pembelajaran mata pelajaran Pengetahuan Sosial-Ekonomi materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia melalui media balon

2. Bagi Peserta Didik

a. Memberikan kegiatan belajar lebih banyak seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan menarik kesimpulan

b. Mengurangi kejenuhan dan memotivasi untuk meningkatkan serta memperbaiki nilai yang didapat dalam suasana yang rileks dan menyenangkan

E. Hipotesa

Media balon dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII D SMPN 33 Surabaya dalam menguasai materi kebutuhan hidup dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia.

F. Penegasan Istilah

1. Permainan Media balon adalah metode pembelajaran yang menggunakan balon sebagai media pembelajaran

2. Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sekolah menengah pertama

3. Kebutuhan hidup adalah keinginan terhadap suatu benda atau jasa yang harus dipenuhi dan pemuasannya dapat dilaksanakan secara jasmani dan rohani

4. Sumber daya adalah alat/ benda yang digunakan untuk menghasilkan barang/ jasa baik berupa sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal dan skill

Tidak ada komentar:

Posting Komentar